Google Fred: Update Algoritma Pencarian Google Yang Bikin Baper

Google Fred: Update Algoritma Pencarian Google Yang Bikin Baper | haloo kembali lagi bersama saya admin belajar-bersama-popz, kali ini ane bakalan menjelaskan sebuah artikel mengenai update mesin pencari paling populer di dunia yaitu google, dari seminggu kemarin entah kenapa beberapa blog ane kena google dance dan usut punya usut ternyata diam-diam google memperbaharui algoritma mesin pencari mereka, dan menamakannya dengan Google Fred. Memang kalau dilihat dari roadmap mesin pencari google, google sering juga memperbaharui algoritma mesin pencari mereka untuk memperbaiki kualitas hasil pencarian agar lebih relevan dan terbebas dari web spam yang menargetkan earning tinggi tanpa memperhatikan isi konten dari websitenya, kalo yang belum tau google search sudah beberapa kali melakukan update algoritma mesin pencari mereka yaitu, Panda Update (2010), Penguin Update (2010), Hummingbird Update (2013), Fred Update (2017). nah selanjutnya mari kita bahas mengenai Google Fred: Update Algoritma Pencarian Google Yang Bikin Baper, lah knapa ane bikin judulnya baper :v ? karena ane salah satu yang kena google dance nya update Fred ini, wkwk. yuk ah kita simak dibawah ini apa sih yang berubah pada update mesin pencari google saat ini.

Google Fred: Update Algoritma Pencarian Google Yang Bikin Baper
Google Fred Update (2017)

Google Fred: Update Algoritma Pencarian Google Yang Bikin Baper

Kejadian ini berawal sekitar tanggal 9 Maret 2017 kemarin, entah kenapa visitor drop nggak karuan, posisi SERP juga berubah drastis, dari awalnya ada di Page One, mental ke page 3 atau yang paling parah page 10 dari pencarian google. awalnya ane anggap mungkin sebatas google dance biasa, karena memang google dance udah biasa banget di dunia blog dan biasanya nggak berlangsung lama, 2-3 hari setelah itu normal kembali, dan juga pada tahap google dance itu penurunan visitor tidak terlalu signifikan (namun masih terlihat ada pernurunan) visitor ke web ane. nah pada saat itu penurunan visitor agak drastis dan sempet panik juga, jangan-jangan calon deindex 😱. Akhirnya buka webmaster tool dan liat-liat stat nggak ada masalah, crawl error juga dalam angka yang wajar (tidak sampai ribuan link 404). karena penasaran akhirnya nyoba browsing dengan kata kunci "google search update 2017" eh ternyata memang lagi anget-angetnya topik itu di dunia maya, beberapa admin website pun melapor penurunan jumlah visitor web mereka, bahkan Moz pun nggak ketinggalan untuk update berita seputar update algoritma google search ini, biarpun masih pada tahap menduga-duga karena tidak ada penjelasan secara resmi dari pihak Google sendiri perihal update algoritma mesin pencari mereka. Jadi kebanyakan artikel yang ane baca menarik kesimpulan berdasarkan hasil analisa mereka ke beberapa website yang terkena imbas dari update google fred ini. 

Nih ane kasih beberapa bukti adanya update algoritma google search

Google Fred: Update Algoritma Pencarian Google Yang Bikin Baper
Sumber: https://www.accuranker.com/grump

Google Fred: Update Algoritma Pencarian Google Yang Bikin Baper
Sumber: https://www.rankranger.com/rank-risk-index

Google Fred: Update Algoritma Pencarian Google Yang Bikin Baper
Sumber: https://www.semrush.com/sensor/

Website Seperti Apa yang Terkena Imbas Google Fred Update ?

Nah bagian ini yang paling banyak ditunggu oleh semua pembaca blog ini :D, ane jelasin pelan-pelan ya biar nggak jantungan bacanya, wkwk. nah setelah browsing kesana kemari dan mencari jawaban dari apa sih yang sebetulnya berubah pada google fred update ini? ane bikin kesimpulannya dibawah ini.

Efek Google Fred Update Maret 2017:

1. Website dengan banyak outbound link, 

website macam diatas akan kena razia dari update google fred ini, seperti PBN (Private Blog Network) dan blog dengan sistem dummy piramid menggunakan web 2.0. solusinya: hapus dulu sementara outbond link dari web PBN. kalo nggak di edit ada kemungkinan web PBN kalian akan deindex atau ketendang dari SERP nya.

2. Website dengan kualitas artikel rendah namun banyak iklan bertebaran

Website ini juga menjadi salah satu incaran google fred update ini, ane nggak bisa kasih contoh web seperti apa untuk yang satu ini, namun kalian bisa menyimpulkan sendiri kira-kira web apa yang terkena imbas dari poin ini 😈 

itulah dua poin inti dari google fred update ini. sekali lagi poin diatas masih bersifat asumsi dari beberapa web yang ane baca-baca, terlebih lagi belum ada keterangan resmi dari pihak google, namun menurut ane google sendiri sekarang enggan membicarakan mengenai perubahan yang mereka lakukan di mesin pencari nya, ini dikarenakan banyak yang menggantungkan visitor dari mesin pencari terbesar di dunia ini.

Cara Mengatasi Website Terkena Imbas Google Fred Update

Cara mengatasi Google Fred Update
- Perbaiki Kualitas Artikel
- Hindari Outbond Link secara berlebihan 
- Permudah Navigasi Website Kalian
sebagai penutup ane juga memberikan beberapa saran untuk mengatasi google fred update ini

1. Perbaiki Kualitas Artikel
untuk poin yang ini ane sarankan untuk memperbaharui artikel website kalian, minimal 500 kata dan optimasi SEO onpage, jangan terpaku kepada jumlah backlink yang tertuju kepada web utama kita, artikel sedikit namun berkualitas sekarang lebih di hargai oleh mesin pencari

2. Hindari Outbond Link secara berlebihan
Apabila kalian sering menempatkan link keluar dari artikel kalian ada baiknya sekarang menggunakan tag no follow, supaya tidak terindikasi web spam oleh google

3. Permudah Navigasi Website Kalian
Poin ini menjadi nilai plus di mata mesin pencari google, kotak pencarian, navigasi header, related post, dan lain sebagainya mulai di tata lagi sekarang, template juga bisa di perbaharui dengan yang lebih update dan lebih responsif.

Sekian aja artikel mengenai Google Fred: Update Algoritma Pencarian Google Yang Bikin Baper yang bisa ane sampaikan saat ini, terima kasih udah berkunjung, nantikan update artikel lainnya, oh iya kalo artikel ini bermanfaat silahkan share di media sosial seperti facebook atau twitter, kalo mau copas mohon cantumkan link sumbernya kesini ya guys. Hatur nuhun


LihatTutupKomentar